Baby Hello Kitty

Kamis, 12 November 2015

Metode Pembuatan Tablet dan Jenis-Jenis Tablet


                                                                       

A.    Metode Pembuatan Tablet
Berdasarkan metode pembuatannya, dikenal dua tablet, yaitu tablet kempa dan tablet cetak.
1.      Tablet cetak dibuat dari bahan obat dan bahan pengisi yang umumnya menagandung laktosa dan serbuk sukrosa dalam berbagai perbandingan. Massa serbuk dibasahi dengan etanol persentase tinggi. Kadar etanol tergantung tergantung pada kelarutan zat aktif dan bahan pengisi dalam sisitem pelarut, serta derajat kekerasan tablet yang diinginkan. Massa serbuk yang lembap ditekan dengan tekanan rendah ke lubang cetakan, Kemudiaan dikeluarkan dan di biarkan kering.
2.      Tablet kempa dibuat dengan memberikn tekanan tinggi pada serbuk atau granul menggunakan cetakan baja. Umumnya tablet kempa mengandung zat aktif, bahan pengisi, bahan pengikat, desintegran, dan lubrikan, tetapi dapat juga mengandung bahan pewarna dan lak (pewarna yang diabsorpdikan pada alumunium hidroksida yang tidak larut) yang diizinkan, bahan pengaroma, dan bahan pemanis.
B.      Jenis – Jenis Tablet
1.      Tablet triturate merupakan tablet cetak atau kempa berbentuk kecil, umumnya silindris, digunakan untuk peracikan obat.
2.      Tablet hipodermik adalah tablet cetak yang dibuat dari bahan yang mudah larut atau melarut sempurna dalam air, harus steril dan dilarutkan lebih dahulusebelum digunakan untuk injeksi hipodermik.
3.      Tablet sublingual digunakan dengan cara meletakkan di bawah lidah sehingga zat aktif diserap secara langsung melalui mukosa mulut.
4.      Tablet bukal digunakan dengan cara meletakkan tablet diantara pipi dan gusi.
5.      Tablet efervesen yaitu tablet yang jika di larutkan dalam air akan menghasilkan karbon dioksida.

6.      Tablet kunyah dimaksudkan untuk dikunyah.

By : Dwi Pangga Katon Bagaskoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar